Menjadi Relawan E-Musrenbang Bandung 2017

Gue mendaftarkan diri menjadi relawan E-Musrenbang Bandung yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017. Sebenarnya kurang berminat untuk mengikuti acara seperti ini, tapi karena ini berhubungan dengan judul tesis gue yaitu tentang musrenbang di Kota Batam jadinya gue ikutan buat tambah2 wawasan.

Awal-awalnya dengan mendaftar ke google form dan diundang ke grup whatsapp. 

Pada tanggal 1 Februari diadakan sosialisasi di Pendopo Kota Bandung tepatnya di seberang alun-alun. 

Sosialisasi E-Musrenbang di Pendopo Bandung

Pada tanggal 2 Februari 2017, launching aplikasi E-Musrenbang ini berlokasi di gedung sabuga. Bersama Ridwan Kamil juga ikut ambil bagian dalam pembukaan sistem ini. Kang Emil juga memberikan hadiah kejutan bagi RW yang paling baik dan cepat melaksanakan input E-Musrenbang ini akan mendapatkan hadiah umroh. Sayangnya relawan gak kebagian tu hadiah, hu,, hu,,,.

Di situlah kami bertemu dengan seklur dari Kelurahan Pasirjati, yakni pak Rakhmat. Awalnya agak canggung karena memang kebanyakan yang ikutan relawan ini sudah berumur, hanya sebagian yang masih muda. Mungkin Jeni yang paling muda menjadi relawan.

Tugas utama relawan yakni agar semua RW pada tiap kelurahan dapat menginput semua usulan ke dalam sistem E-Musrenbang dengan benar.