Hoax… Hoax Everywhere…

Semakin maju teknologi kita semakin banyak orang buat berita-berita hoax, dan lebih parahnya lagi semakin banyak orang tertipu dengan berita-berita hoax yang sumbernya entah diambil darimana. 

Setiap artikel atau cerita yang kita buat dimanapun itu juga tanpa sumber yang jelas tolong jangan dipercaya langsung, apalagi artikel yang dikirim masal di media sosial seperti fb/ig/wa/path atau apapun itu. 

Kebanyakan artikel itu membawa nama agama agar kita lebih terkesima dengan ceritanya. Atau menjelek jelekkan suatu produk agar produk tersebut tidak dikonsumsi lagi.

Sudah bosen dan banyak banget.

Ini caranya agar menjadi user yang lebih smart ngehadepin artikel-artikel yang gak jelas itu:

1. Bila menerima berita atau artikel apapun itu, jangan langsung percaya. Jangan langsung di share. Jangan langsung ngomong ke teman-teman apalagi ke pacar, bisa dianggap gaptek. Cukup tahu dan lakukan:

2. Search mbah google kata kunci dari artikel tersebut. Contoh artikel robert guilhem yang menjadi muslim karena salah satu ayat di al-qur'an. Google ini: Robert Guilhem islam. Atau artikel yang menyebutkan starbuck haram oleh jakim kejabatan malaysia. Google ini: starbuck haram malaysia. Dan hasilnya pasti kebanyakan sudah sering di obrolin sebelumnya di forum atau web lain kalau berita itu HOAX, alias tidak benar.

Pengalaman gue sendiri kebanyakan emang orang-orang tua atau keluarga sendiri yang share artikel-artikel seperti itu, cara kasih tau ke mereka bahwa berita itu hoax agak bingung. Tapi kalau ada teman sendiri langsung gue skak mat dengan link sumber terpercaya.