Travel to Garut Tarogong Dan Ciengang Cipanas

Untuk menghadiri nikahannya uwa, saudara calon ane, maka berangkatlah kita ber 7 ke tarogong garut, tepatnya di dekat alun-alun tarogong. 

Pergi sekitar jam 4 sore dan sampai ke lokasi penginapan jam 6an. Lokasinya benar2 suasana desa, sejuk, airnya rada susah tetapi ada mata air yang keluarnya banyak dari gunung.

Besoknya langsung ke lokasi nikahan, dan setelah selesai langsung ke pemandian air panas Ciengang di cipanas.

biaya masuknya hanya Rp15.000/orang. Yang mahal malah mandi air yang tidak panas didalamnya, Rp20.000, jadi agak jengkel, tapi mo gimana lagi, kalau mau free ada tempat bilas gratis dengan air panas yang sangat2 panas. Suasananya gak jauh beda dengan pemandian ciater yang diatasnya(awal2 masuk ciater). Bedanya disini agak kecil, dan air panasnya sangat sangat panas, ada sih yang yang lebih adem dan gak terlalu panas, tetapi penuh dengan bocah2 dan sudah rada kotor, gue sendiri gak betah di tempat itu. Makanya gue beraniin diri ditempat yang sangat panas itu.

Awal2nya gak berani, karena memang buat kaki ini kerasa kerebus dengan air panas itu, tapi ngelihat anak-anak aja berani, gue langsung aja ngerendemin badan gue, tetapi tetap tapi gak bisa lama-lama didalam, karena rasa sakit karena panasnya kerasa banget. 

Setelah kurang lebih 2 jam kulit-kulit di jari sudah mulai keriput. lama2 berendam juga gak bagus utk badan. 

Perjalanan pulang ditemani dengan kemacetan maming, plus tambahan hari imlek, komplit sudah, kurang lebih perjalanan dari garut ke bandung, kurang lebih 3 jam yang seharusnya normal bisa 2 jam saja.